Preview : Indonesia vs Filipina

Selangkah lagi, Indonesia bakal sukses melangkah ke babak final Piala AFF 2010. Namun, bukan berarti Laskar Garuda Merah Putih bisa berleha-leha. Mereka harus tetap waspada karena Timnas Filipina siap menghancurkan asa tersebut.

Banyak yang harus dibenahi Indonesia dalam leg kedua semifinal ini. Di leg pertama, mereka kerap nampak kerepotan menembus pertahanan kokoh yang digalang para penggawa The Azkals.

Hal ini bukannya tak disadari tim pelatih. Terbukti, dalam sebuah sesi wawancara, asisten pelatih timnas Indonesia, Wolfgang Pikal mengakui bahwa penampilan Filipina sangat mengejutkan mereka.

"Kami tidak bermain melawan tim Filipina. Kami bakal menghadapi tim Eropa. Mereka 10 senti lebih tinggi, 10 kilo lebih berat dan lebih kuat dari kami. Jadi bisa dipastikan laga ini bakal menyulitkan para penggawa timnas Indonesia," ungkap Pikal, seperti dikutip dari situs resmi AFF.

Lebih lanjut, meski tidak secara tersurat, Pikal mengakui bahwa cederanya Firman Utina mendatangkan sedikit masalah tambahan bagi Garuda merah Putih.

"Firman dan Irfan Bachdim mengalami sedikit masalah. Kondisi mereka belum fit seutuhnya untuk menyongsong laga ini. Saat ini, tim physio kami sedang berusaha keras untuk mempersiapkan mereka menghadapi laga ini."

"Kami masih memiliki beberapa jam untuk mempersiapkan mereka. Nanti sore, pelatih kepala kami bakal menentukan susunan para pemain dalam laga melawan Filipina," imbuhnya.

Pikal memprediksi Filipina akan tampil lebih terbuka dalam laga tersebut. Untuk itu, ia dan pelatih kepala timnas Alfred Riedl sudah menyiapkan taktik dan strategi untuk meredam serangan Filipina yang digalang Younghusband bersaudara.

"Mereka sepertinya akan main terbuka karena butuh kemenangan. Namu , kita belum tahu, apakah mereka main terbuka di awal, pertengahan atau jelang akhir pertandingan. Pemain kita harus konsentrasi penuh," papar Pikal.

Sementara itu, Filipina menyikapi laga kedua semi final ini dengan lebih rileks. Bahkan, mereka hanya sekali latihan pada Sabtu (18/12) sore di lapangan timnas. Sehari sebelumnya, mereka tidak menggelar latihan sama sekali dan lebih memilih jalan – jalan ke mal.Meski nampak tak terlalu serius dalam mempersiapkan laga ini, pelatih Filipina, Simon McMenemy mengaku bahwa anak asuhnya dalam kondisi siap tempur menghadapi Indonesia. "Anak-anak berada dalam kondisi sangat bagus. Tidak ada pemain kami yang mengalami cedera, hanya ada beberapa pemain yang sedikit mengalami kelelahan, dan itu hal yang wajar. Laga ini merupakan laga terbesar sepanjang karir mereka. Karena itulah mereka bakal menunjukkan kemampuan terbaik mereka," papar McMenemy.

Prakiraan Susunan Pemain:
Indonesia (4-4-1-1): Markus Haris Maulana; Mohammad Nasuha, Zulkifli Syukur, Maman Abdurahman, Hamka Hamzah; Oktovianus Maniani, Firman Utina, Ahmad Bustomi, Muhamad Ridwan; Cristian Gonzales; Irfan Bachdim.
Filipina (4-4-2): Neil Etheridge; Robert Gier, Alexander Borromeo, Ray Jonsson, Anton Del Rosario; Joel Ballo-Allo, Jason de Jong, Emelio Caligdong, James Younghusband; Philip Younghusband, Ian Araneta.


Sumber http://www.bola.net/tim_nasional/preview-tetap-waspada-garuda-20f76f.html

0 komentar:

Posting Komentar

YOU'LL NEVER WALK ALONE