Dalglish Kembalikan Gaya Lama Liverpool

Pelatih Kenny Dalglish dinilai telah mampu mengembalikan Liverpool pada gaya permainan lamanya. Gaya itu akan kembali diuji saat The Reds menjamu Fulham dalam pertandingan Liga Primer Inggris Rabu (26/1) malam ini.

Sejak ditangani Dalglish, 8 Januari lalu, Liverpool mampu menunjukkan perbaikan penampilan. Gaya permainan yang cenderung bertahan andalan Roy Hodgson sudah ditinggalkan. Sebaliknya, cara bermain yang mengandalkan umpan-umpan pendek--yang jadi ciri lama klub ini-- kembali diperagakan.

Saat menekuk Wolverhampton 3-0 pada Sabtu lalu, para pemain Liverpool sudah mampu menunjukkan permainan itu dengan sangat baik. Serangan dibangun perlahan lewat umpan pendek dari kaki ke kaki. Cara itu memungkinkan tim itu bisa menusuk sebagai sebuah unit. Para gelandang pun bisa lebih optimal mendukung Fernando Torres sebagai penyerang tunggal. Gaya itu dikombinasikan dengan pola serangan balik yang cepat.

Kemenangan atas Wolves adalah yang pertama diraih Dalglish dalam empat pertandingan awalnya. Liverpool kini masih terpuruk di posisi ke-11 klasemen dengan nilai 29, terpaut 19 poin dari Manchester United di puncak klasemen. Tak mengherankan bila pelatih berusia 59 tahun itu meminta anak asuhnya tak larut dalam euforia. "Kami tak boleh terbawa suasana semata karena sudah memenangi satu pertandingan," katanya.

Tapi ia juga mengakui, banyak hal positif terlihat dalam timnya. Pelatih yang pernah mempersembahkan tiga trofi Liga Inggris buat The Reds itu pun yakin, para pemain sudah siap membalikkan keadaan. "Ketika keadaan jadi buruk buat sebuah klub dan pemain, sangat sulit untuk mengembalikannya. Tapi para pemain kami sudah mampu melakukannya. Mereka patut dipuji," katanya.

Saat melawan Fulham, yang menempati posisi ke-14 klasemen, Dalglish akan bisa menurunkan kembali kapten Steven Gerrard, yang sudah menjalani hukuman kartu merah. Fulham, tim dengan produktivitas gol kelima terburuk, kehilangan Bobby Zamora yang cedera. Clint Dempsey, yang sudah menyumbangkan delapan gol, akan jadi andalan.

Malam ini, tim urutan buncit klasemen Liga Primer, West Ham, akan berusaha memastikan langkah ke babak final Piala Carling. Tim asuhan Avram Grant itu akan menyambangi markas Birmingham dengan membawa keunggulan 2-1 dari laga pertama babak semifinal.

Sumber http://bola.tempointeraktif.com/hg/sepakbola/2011/01/26/brk,20110126-309025,id.html

0 komentar:

Posting Komentar

YOU'LL NEVER WALK ALONE