Ian Rush Dukung Akademi Liverpool di Indonesia

Hasrat Liverpool mendirikan akademi sepakbola di Indonesia disambut penuh suka cita oleh legenda The Kop, Ian Rush.

Ya, mantan penyerang Liverpool kelahiran Wales ini kembali mengunjungi Indonesia untuk ketiga kalinya, Sabtu (11/12/2010). Sebagai Duta Besar Liverpool, kunjungan Rush kali ini terkait dengan rencana klub Merseyside mendirikan akademi sepakbola di tanah air.

Rush ikut ambil bagian dalam upacara penutupan program coaching clinic, yang digelar sebagai program komunitas 'Giving Kids A Sporting Chance' oleh British Chamber of Commerce (BritCham) serta didukung oleh Kedutaan Inggris.

Program pelatihan ini sendiri sudah berlangsung sejak 4 Desember lalu, dimana BritCham mendatangkan langsung kepala pelatih Liverpool Academy, Adam Flynn.

Bagi pria bernama lengkap Ian James Rush ini, wacana pembangunan akademi sepakbola di Indonesia merupakan salah satu cara terbaik Liverpool menjaga hubungan dengan jutaan pendukungnya.

"Saya tahu sepakbola adalah olahraga besar di Indonesia. Selain itu, Premier League juga sangat populer di sini," ungkap Rush saat ditemui di lapangan hoki Senayan.

"(Tapi) untuk saat ini, kami hanya ingin fokus untuk menyukseskan kunjungan ini. Sekembalinya ke Liverpool, saya akan memberikan laporan mengenai kunjungan kali ini. Setelah itu, kami semua akan kembali bertemu 29 Desember mendatang untuk membicarakan cara terbaik mewujudkan rencana (pembangunan akademi) tersebut," jelasnya.

Di Indonesia sendiri sudah berdiri sejumlah akademi sepakbola yang berafiliasi dengan klub-klub elit Eropa, seperti Arsenal, Real Madrid dan AC Milan. Namun, berbeda dengan ketiga akademi tersebut, akademi Liverpool akan langsung berhubungan dengan klub Merseyside, bukan hanya membeli brand.

"Kami akan menerapkan cara yang sedikit berbeda dalam rencana pembangunan akademi ini. Kami akan memastikan akademi tersebut berhubungan langsung dengan klub, misalnya dengan Ian, sebagai duta besar, serta melalui pelatih-pelatih yang dimiliki klub," jelas eksekutif direktur BritCham, Chris Wren.

Bukan hanya itu, Wren pun berharap, pembangunan akademi sepakbola ini dapat membuka jalan talenta-talenta muda tanah air berkarier di Premier League, tentunya melalui pendidikan di akademi Liverpool pusat.

"Kami berharap nantinya, dari sekian juta anak Indonesia, terdapat kandidat kuat yang layak dikirim ke Liverpool. Itu adalah impian kami," tuntas Wren.

Sumber http://bola.okezone.com/read/2010/12/12/45/402445/ian-rush-dukung-akademi-liverpool-di-indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

YOU'LL NEVER WALK ALONE