Ancelotti minta Gerrard Dikunci

Pelatih Chelsea Carlo Ancelotti memberi tugas khusus kepada gelandang John Obi Mikel untuk mengunci kapten Liverpool, Steven Gerrard, saat dijamu Liverpool pada Liga Inggris di Anfield, Minggu (7/11). Pengaruh Gerrard di Liverpool dinilai Ancelotti sangat berbahaya.

”Dia (Gerrard) bermain di posisi yang sangat berbahaya bagi kami, sedikit di belakang (striker Fernando Torres),” ujar Ancelotti melalui situs resmi Chelsea (www.chelseafc.com), Sabtu. ”Dan kami harus bisa mengunci posisinya selama laga karena dia akan bisa memberikan umpan terakhir kepada Torres dan berbahaya jika dia menceploskan tembakan jarak jauh.”

Gerrard tampil sebagai inspirator kemenangan Liverpool 3-1 atas Napoli pada Liga Europa, Kamis lalu. Meski baru bermain pada babak kedua, gelandang berusia 30 tahun itu memborong ketiga gol Liverpool.

Soal cara mematikan Gerrard, Ancelotti menjabarkan, ”Saya pikir sangat penting bagi kami untuk selalu bermain rapat dan tidak memberinya kemungkinan bermain dalam ruang gerak leluasa. Penting bagi (John Obi) Mikel mengunci posisinya dan gelandang lain agar membantu.”

”Gerrard adalah salah satu pemain terbaik di dunia. Jika Anda bisa mengendalikan pemain terbaik, lebih mudah memenangkan laga,” lanjut pelatih asal Italia itu.

Chelsea tak tergoyahkan di puncak klasemen dengan nilai 25, selisih lima poin di atas pesaing terdekatnya, Arsenal dan Manchester United.

Saat melawan Liverpool, ”The Blues” masih belum diperkuat gelandang Frank Lampard yang belum sembuh dari cedera pangkal paha. Gelandang Michael Essien dan pemain sayap Florent Malouda diperkirakan bisa tampil. Essien juga diperintah untuk membantu Mikel dalam mengunci Gerrard.

”Tidak cukup bermain 90 persen. Kami harus bermain 100 persen untuk menang di sana karena saat ini Gerrard dalam kondisi fantastis,” kata Ancelotti. ”Kemenangan mereka (melawan Napoli) penting meningkatkan kepercayaan diri mereka.”

Kemenangan atas Napoli itu merupakan kemenangan ketiga beruntun Liverpool. Sebelumnya, tim asuhan Pelatih Roy Hodgson tersebut memukul Blackburn Rovers 2-1 dan Bolton Wanderers 1-0, dua kemenangan yang mengangkat ”The Reds” dari zona degradasi.

Hodgson mengatakan, striker Fernando Torres bakal segera menemukan bentuk permainan terbaik. Torres diistirahatkan saat Liverpool menjamu Napoli dan diharapkan segar bugar saat melawan Chelsea.

”Steven dan Fernando adalah dua pemain berkualitas luar biasa, tetapi pemain-pemain lain harus menopangnya,” kata Hodgson. ”Kami tidak bisa hanya bergantung kepada Fernando dan Steven pada setiap laga.”

Sumber http://bola.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

YOU'LL NEVER WALK ALONE