Preview : Sporting Braga vs Liverpool

Modal bagus tengah diraih Liverpool kala harus menyambangi markas Sporting Braga di leg 1 babak 16 besar Europa League, Kamis (10/3). Kemenangan 3-1 atas Manchester United di kancah Premier League akhir pekan lalu membuat mentalitas juang The Reds kembali meninggi.

Menang atas ManUtd memang berarti sangat besar bagi Liverpool mengingat rivalitas antara keduanya. Tak heran jika torehan tiga poin itu bakal menjadi modal utama skuad asuhan Kenny Dalglish saat harus menaklukan keangkeran Estadio AXA.

Bagi tim manapun memang akan cukup sulit menaklukan Braga di depan pendukung setianya. Bahkan, Arsenal yang mampu membungkam Braga enam gol tanpa balas di Emirates, pun harus menelan kekalahan di Estadio AXA.

Rekor apik ini jelas menjadi modal bagus buat skuad asuhan Domingos Paciência dalam menyambut kedatangan Liverpool. Bahkan, sang pelatih pun cukup yakin dengan menghadapi salah satu calon kuat juara, para pemainnya akan memiliki motivasi berlimpah demi meraih kemenangan.

"Lawan lebih kuat membuat motivasi, kepercayaandiri, agresifitas, dan konsentrasi menjadi lebih tinggi," sebut Paciencia.

Optimisme Paciencia itu cukup beralasan. Selain bermain di kandang sendiri, kubu lawan juga tak akan diperkuat beberapa pilar utama seperti Steven Gerrard dan Luis Suarez. Suarez memang ikut dalam rombongan tim ke Portugal, namun tak bisa membela The Reds karena pernah bermain bersama Ajax Amsterdam. Sementara Gerrard yang kondisinya tidak fit justru tak dibawa serta.

Tanpa Gerrard dan Suarez, beban berat bakal dipikul pencetak hat-trick ke gawang ManUtd, Dirk Kuyt. Pun dengan Raul Meireles yang akan menghadapi klub Portugal pertamanya sejak cabut dari FC Porto musim panas lalu.

Debut Carroll di Eropa Satu nama lagi yang berpeluang melakoni debutnya di Eropa adalah striker Andy Carroll. Tanpa Suarez, Dalglish sudah mengisyaratkan bakal memainkan Carroll sebagai starter untuk pertama kalinya sejak didatangkan dari Newcastle United. "Dia pemain yang bakal memberikan kontribusi besar. Saya kemungkinan akan menempatkannya di tim inti (melawan Braga) dan memberikan kepercayaan kepadanya," sebut Dalglish.

Ketiga pemain itu bakal memikul tanggung jawab berat membawa Liverpool menang untuk pertama kalinya di Portugal sejak 1983/84. Setelah membungkam tuan rumah, Benfica dengan skor 4-1 pada 1983/84, enam kunjungan terakhir Liverpool ke Portugal gagal membawa pulang hasil maksimal.

"Mereka tim yang cepat saat menyerang. Aku bermain cukup sering menghadapi mereka," ujar Meireles menyikapi pertemuan ke-12 dengan Braga selama kariernya. "Mereka masih punya pelatih sama, dan gaya bermain yang tidak berubah, dan aku sudah menginformasikan kepada Kenny tentang hal itu."

Bocoran yang diberikan Meileres jelas sangat berguna bagi Dalglish utnuk menerapkan taktik jitu pada laga leg 1 ini. Bermain imbang dengan mencuri gol tandang mungkin bakal menjadi target realistis The Reds mengingat tangguhnya sang lawan saat berlaga di kandang sendiri.
Prediksi Line-Up:
Sporting Club Braga (4-4-2): 
Artur; Miguel Garcia, Kaka, A Rodriguez, Silvio; Hugo Viana, Custodio, Vinicius, Alan; Lima, Ukra.
Liverpool (4-3-2-1): 
Reina; Johnson, Kyrgiakos, Agger, Wilson; Kuyt, Lucas Leiva, Meireles, Poulsen, Maxi Rodriguez; Carroll.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar

YOU'LL NEVER WALK ALONE