Ancelotti: Habitat Liverpool di Liga Champions

Pelatih Chelsea Carlo Ancelotti merasa heran dengan prestasi buruk Liverpool di Liga Inggris. Namun, ia memaklumi kondisi itu karena ia yakin Liverpool lebih suka mengejar prestasi di Liga Champions.

Selama 20 tahun terakhir, Liverpool tidak pernah berjodoh dan gelar juara Liga Inggris. Sejak terakhir kali menjadi kampiun Inggris pada 1990, "The Reds" sama sekali tidak pernah mencicipi nikmatnya menyimpan trofi Premier League.

Itu bukan berarti Liverpool lenyap dalam tinta emas sejarah sepak bola. Tahun 2005 mereka membuktikan diri menjadi kampiun Eropa dengan menekuk AC Milan di final Liga Champions. Milan waktu itu dilatih oleh Ancelotti.

"Saya terkejut," kata Ancelotti soal mandeknya raihan gelar juara Liverpool di Inggris. "Sebuah tim yang mampu memenangi Liga Champions League semestinya mampu memenangi Premier League. Itu mengejutkan saya."

Ketika masih bersama Milan, baik sebagai pemain maupun pelatih, Ancelotti sudah empat kali mencicipi gelar juara Liga Champions maupun format sebelumnya (European Cup).

"Beberapa klub, seperti Milan, memiliki kepercayaan diri lebih bermain di Liga Champions dengan sejarah mereka ketimbang di Liga Primer. Sulit menjelaskannya, tapi itu nyata. Milan lebih nyaman di Liga Champions. Liverpool punya sejarah dan tradisi itu juga dan mereka sama," jelas Ancelotti.

Sebagai salah satu tim papan atas Liga Inggris, Liverpool punya tradisi selalu tampil di ajang bergengsi Eropa. Sejak 1965, "The Anfield Gank" mulai rutin bertarung setiap musim di Piala Champions (European Cup), Piala Winners, maupun Piala UEFA.

Konsistensi Liverpool sebagai salah satu tim empat besar Liga Inggris menjadikan mereka sebagai tim yang selalu masuk zona Liga Champions. Dalam sepuluh tahun terakhir, hanya dua kali mereka absen ke ajang bergengsi itu, yakni pada 2003 dan 2010. Namun, fakta bahwa mereka pernah menjadi juara Eropa sebanyak lima kali masih belum tertandingi oleh klub lain dari Inggris.

Sumber http://bola.kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

YOU'LL NEVER WALK ALONE